rss_feed

Desa Bicak

Jln. Raya Pesanan Nomor 110
Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur , Kode Pos 61362

0321| 0321| mail_outline desabicak@mojokertokab.go.id

Perayaan
Hari Batik
  • YUNITA DWI RATNASARI, S.Ikom

    Kepala Desa

    Login Terakhir:
    21 Januari 2023 06:24:20
  • DINI WINANTASARI, S.Sos, M.AP

    Sekretaris Desa

  • AGUS SUCIPTO

    Kaur Keuangan

  • KHOLIDAH

    Kaur Umum

  • ACHMAD ZAMRONI

    Kaur Perencanaan

    Login Terakhir:
    14 September 2024 20:54:12
  • ETTY KUSUMAWATI

    Kasi Pemerintahan

  • FATHUR MUBIN

    Kasi Kesejahteraan

  • SUKADI

    Kasi Pelayanan

  • FRAN SUSANTO

    Kepala Dusun Bicak

  • MUHAMMAD ZAINUDDIN

    Kepala Dusun kedawung

  • ACHMAD ROFIKI

    Kepala Dusun Pesanan

settings Pengaturan Layar

Bersama masyarakat siap mewujudkan Desa Bicak Bersinar "Bersih, Kondusif, Aman, Sejahtera, Religius"
Bulan Ini
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
2 Orang
Pindah
0 Orang
Bulan Lalu
Kelahiran
1 Orang
Kematian
6 Orang
Masuk
13 Orang
Pindah
2 Orang

0

Hari Ini

0

Kemarin

0

Minggu Ini

35

Bulan Ini

93

Bulan Lalu

741

Tahun Ini

1,053

Tahun Lalu

4,540

Total
fingerprint
Kelompok 4 KKNT Bela Negara UPN Jatim Hadirkan SmartEdu Kreasi di Desa Bicak, Kecamatan Trowulan

06 Agustus 2024 17:53:37 191 Kali

 

Mojokerto, Jawa Timur

Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur bertandang ke Desa Bicak mengenalkan program SmartEdu Kreasi untuk membawa perubahan SDGs pendidikan desa berkualitas dan mengabdi ke masyarakat selama dua minggu ke depan sejak tanggal 24 Juli sampai dengan 7 Agustus 2024. 

Desa Bicak merupakan wilayah desa yang masuk di kecamatan Trowulan, Mojokerto, provinsi Jawa Timur. Mata pencaharian utama masyarakatnya adalah petani yang pembagian dusunnya terdapat tiga yaitu Dusun Pesanan, Dusun Bicak, Dusun Kedawung. Desa ini menjadi salah satu daerah di kecamatan Trowulan yang memiliki indeks skor SDGs total 34,48% dari 100 dengan keseluruhan terdapat 18 poin indikator. SDGs poin ke-4 menyoroti pendidikan desa berkualitas hanya mencapai skor 31,90% tidak menyentuh di angka 35%.

Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga mengabdi kepada masyarakat melalui inovasi dan optimalisasi peningkatan kualitas pendidikan dengan SmartEdu Kreasi. Program SmartEdu Kreasi rancangan mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur menjadi satu komitmen untuk dapat menghadirkan sistem pembelajaran yang menyenangkan, mencerdaskan sekaligus memudahkan bagi para siswa-siswi tingkat Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Kanak-kan hingga Sekolah Dasar. 

Program SmartEdu Kreasi menjadi inovasi pembelajaran di dalam kelas tidak hanya dapat berlangsung secara satu arah saja sekedar guru menjelaskan dan siswa mendengarkan. Mahasiswa KKNT Bela Negara kelompok 4 UPN “Veteran” Jawa Timur berupaya mengenalkan model pembelajaran di dalam kelas yang dapat berlangsung secara dua arah bukan hanya memperhatikan guru menjelaskan, namun siswa juga dapat berperan aktif selama di dalam kelas sehingga pemahaman terhadap materi. Model SmartEdu Kreasi yang dikenalkan mahasiswa KKN dari UPN Jawa Timur berupa pembelajaran yang dikemas dengan sistem kuis berhadiah. Pembelajaran seperti ini berfokus pada pembentukan jiwa kompetitif dan semangat belajar anak serta dapat memupuk sikap berusaha pantang menyerah dalam menggapai cita-cita. 

Program SmartEdu Kreasi sudah diterapkan mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur sejak tanggal 25 Juli 2024 dan akan berakhir pada tanggal 6 Agustus 2024. Penerapan program ini menyoroti pada pendidikan wajib belajar 12 tahun sehingga dijalankan pada tingkat TK sampai dengan SD. Program yang sudah berjalan hampir dua minggu mendapatkan respon luar biasa dari kepala sekolah salah satu sekolah di Desa Bicak. 

“Mereka senang sekali kalau ada kakak KKN karena bisa belajar tidak hanya dari guru di dalam kelas saja. Ide programnya luar biasa bagus, saya sangat mendukung silahkan dipergunakan fasilitas yang ada di sekolah ini untuk memaksimalkannya,” jelas Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al-Khoiriyah Bicak II ketika ditanya tanggapannya atas kedatangan mahasiswa KKN dari UPN “Veteran” Jawa Timur.

Kepala Sekolah MI Al-Khoiriyah Bicak II juga turut menyampaikan harapannya agar program yang sudah diterapkan mahasiswa KKN dari UPN Jawa timur dapat dilanjutkan oleh Bapak Ibu guru sehingga siswa-siswi tetap merasakan semangat belajar yang sama seperti ketika belajar bersama mahasiswa KKN. 

Penulis: Claudya Sekar







chat
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

account_circle Pemerintah Desa

reorder Peta Desa

assessment Statistik

folder Arsip Artikel


event Agenda


  • Belum ada agenda

share Sinergi Program

insert_photo Galeri

message Komentar Terkini

contacts Media Sosial

map Wilayah Desa

Alamat : Jln. Raya Pesanan Nomor 110
Desa : Bicak
Kecamatan : Trowulan
Kabupaten : Mojokerto
Kodepos : 61362
Telepon : 0321
No. HP : 0321
Email : desabicak@mojokertokab.go.id

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini : 34
Kemarin : 392
Total Pengunjung : 212.034
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 18.116.62.101
Browser : Mozilla 5.0

reorder Wonderful Bicak