rss_feed

Desa Bicak

Jln. Raya Pesanan Nomor 110
Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur , Kode Pos 61362

0321| 0321| mail_outline desabicak@mojokertokab.go.id

Perayaan
Hari Batik
  • YUNITA DWI RATNASARI, S.Ikom

    Kepala Desa

    Login Terakhir:
    21 Januari 2023 06:24:20
  • DINI WINANTASARI, S.Sos, M.AP

    Sekretaris Desa

  • AGUS SUCIPTO

    Kaur Keuangan

  • KHOLIDAH

    Kaur Umum

  • ACHMAD ZAMRONI

    Kaur Perencanaan

    Login Terakhir:
    19 September 2024 07:55:25
  • ETTY KUSUMAWATI

    Kasi Pemerintahan

  • FATHUR MUBIN

    Kasi Kesejahteraan

  • SUKADI

    Kasi Pelayanan

  • FRAN SUSANTO

    Kepala Dusun Bicak

  • MUHAMMAD ZAINUDDIN

    Kepala Dusun kedawung

  • ACHMAD ROFIKI

    Kepala Dusun Pesanan

settings Pengaturan Layar

Bersama masyarakat siap mewujudkan Desa Bicak Bersinar "Bersih, Kondusif, Aman, Sejahtera, Religius"
Bulan Ini
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
2 Orang
Pindah
0 Orang
Bulan Lalu
Kelahiran
1 Orang
Kematian
6 Orang
Masuk
13 Orang
Pindah
2 Orang

1

Hari Ini

6

Kemarin

12

Minggu Ini

47

Bulan Ini

93

Bulan Lalu

753

Tahun Ini

1,053

Tahun Lalu

4,552

Total
fingerprint
Tingkatkan Pengelolaan Sistem Keuangan, Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Akuntansi UM Kolaborasi Bareng BUMDes Bicak Mojokerto

30 Juli 2024 17:15:10 53 Kali

Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Malang (UM) melakukan sosialisasi dan program pelatihan tentang pengelolaan sistem keuangan untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bicak Makmur di Balai Desa Bicak, Mojokerto pada Rabu (24/07/2024) dan Kamis (25/07/2024).

Pelatihan tersebut dilakukan berdasarkan keterangan Kepala Desa Bicak, Yunita Dwi Ratnasari tentang pengelolaan keuangan BUMDes Bicak Makmur yang belum sempurna.

Yunita mengatakan bahwa sering terjadi kejanggalan antara laporan keuangan dengan keadaan sebenarnya sehingga menghasilkan laporan keuangan yang tidak akurat.

“Permasalahan BUMDes disini, pengurus BUMDes masih belum bisa optimal dalam menyusun laporan keuangan secara manual”, ujar Yunita Dwi Ratnasari, Senin (29/07/2024).

Yunita pun menyambut baik kehadiran Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Akuntansi UM. Ia mengungkapkan bahwa setelah mengecek kembali, ternyata ada perbedaan antara laporan keuangan dan barang yang ada.

Sosialisasi dan program pelatihan tersebut diketuai oleh Dosen Akuntansi UM, yakni Tatas Ridho Nugroho beserta akademisi lainnya yakni Prof. Dr. Puji Handayati, Dr. Kukuh Budianto, Mifta Ria Oktaviana dan Nabila Aura Dewanti.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengertian dan pelatihan kepada pengurus BUMDes dalam rangka penyusunan laporan keuangan yang akurat dan mudah menggunakan Microsoft Excel.

“Saya melihat potensi yang besar pada BUMDes Bicak Makmur ini. Harapan saya dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini, pengelola BUMDes Desa Bicak dapat mengelola keuangan secara lebih profesional dan transparan, sehingga dapat meningkatkan potensi usaha dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat,” tambah Yunita

Langkah pertama dalam melaksanakan pengabdian masyarakat ini diawali dengan koordinasi untuk persiapan implementasi di lapangan agar program yang dilaksanakan efektif dan efisien untuk mengatasi permasalahan BUMDes pada 28 Mei 2024.

Kemudian pada Rabu (24/07/2024) diawali sosialisasi oleh Dosen Akuntansi UM, Tatas Ridho Nugroho tentang pengelolaan keuangan BUMDes serta memberikan pemahaman yang komprehensif kepada tim operasional BUMDes Desa Bicak mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) BUMDes.

Kegiatan lalu berlanjut dengan pelatihan Microsoft Excel yakni pengenalan teknik-teknik penyusunan laporan keuangan menggunakan Microsoft Excel beserta penggunaan rumusnya.

Pelatihan yang diberikan Tomy Rizky Izzalqurny ini bertujuan mempermudah pengelolaan keuangan dan menyusun Laporan Keuangan secara efektif dan efisien sehingga menghasilkan laporan keuangan yang akurat.

Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Akuntansi UM berharap pihak BUMDes dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam pengembangan keuangan BUMDes dapat lebih baik.

“Kami merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan penyusunan laporan keuangan menggunakan Microsoft Excel. Terima kasih atas pelatihan yang sudah dilakukan karena sangat bermanfaat bagi kami,” ucap salah satu tim operasional BUMDes.

chat
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

account_circle Pemerintah Desa

reorder Peta Desa

assessment Statistik

folder Arsip Artikel


event Agenda


  • Belum ada agenda

share Sinergi Program

insert_photo Galeri

message Komentar Terkini

contacts Media Sosial

map Wilayah Desa

Alamat : Jln. Raya Pesanan Nomor 110
Desa : Bicak
Kecamatan : Trowulan
Kabupaten : Mojokerto
Kodepos : 61362
Telepon : 0321
No. HP : 0321
Email : desabicak@mojokertokab.go.id

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini : 161
Kemarin : 414
Total Pengunjung : 212.955
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.137.173.43
Browser : Mozilla 5.0

reorder Wonderful Bicak